Selasa, 27 Desember 2011

WiMAX......??????????

              Bismillahhi rahmani rahhim

 Assaluma'alaikum WR WB.
oke jumpa lagi dengan blog saya yang bernama iqbal hadi putra, dan ia bertempat di karawang.
hmmmm sekarang saya akan menjelaskan tentang apa y??bingung??
oohh ia saya tau, saya punya tugas dari dosen suruh buat artikel tentang WiMAX, mungkin itu kali ya yang mau saya bahas..

oke pertama- tama saya akan menjelaskan apa sih WiMAX itu..???
  •  WiMAX





 WiMAX bisa di sebut juga dengan nama Worldwide Interoperability for Microwave Access yang merupakan teknologi akses nirakabel pita lebar Broadband Wireles Access (BWA) yang memiliki kecepatan sangat expres (sampai 70 MBps) dan jangkauannya pun juga luas. waaaaaw mantap juga ni ya WiMAX, oke kita lanjut lagi. dan WiMAX ne perubahan dari teknologi BWA yang sebelumnya mempunyai fitur- fitur yang sangat mantap. Dan selain mempunyai kecepatan data yang sangat expres itu WiMAX juga di lengkapi dengan sistem teknologi open standard. WiMAX boleh diaplikasikan Last Mile, Broad Band, Backhaul dan High Speed Enterprise.

 WiMAX standar BWA di keluarkan oleh Institute of Electrical and Electronics Engineering (IEEE), seperti standar 802.15 untuk Personal Area Network (PAN). Untuk standar yang di keluarkan oleh IEEE banyak di gunakan di daerahnya sendiri yaitu di Amerika, sedangakan untuk standar yang dikeluarkan oleh ETSI banyak di pergunakan di kalangan Eropa dan sekitarnya.
Dan inilah frekuensi yang di punyai oleh WiMAX Forum ada 2 band pada certication profile yaitu WiMAX band 3.5 GHz dan 5.8 GHz, sedangakn untuk Mobile WiMAX ada 4 band frekuensi pada system profile releasi-1, yaitu band 2.3 GHz, 2.5 GHz, 3.3 GHz dan 3.5 GHz.

 WiMAX mempunyai perangkat/ elemen yaitu Base Station (BS) yang di sisi pusat sedangkan CPE di sisi pelanggan.
Pasti anda bertanya- tanya apa sih BS itu.??
sama kawan saya juga ga tau,,hehehehe. boong becanda.
 Base Station merupakan perangkat transmitter dan receiver (transceiver) yang biasanya tuh di pasang satu lokasi dengan jaringan Internet Protocol (IP). Dari BS ini akan di sambungkan ke CPE dengan media interface gelombang radio (RF) pastinya yang harus mengikuti standar WiMAX.
Base Station memiliki beberapa komponen antara lain :
  1. NPU (Networking Processing Unit card)
  2. AU (Access Unit card) up to 6+1
  3. PIU (Power Interface Unit) 1+1
  4. AVU (Air Ventilation Unit)
  5. PSU (Power Supply Unit) 3+1.
Pada awalnya standar WiMAX dirancang rentang frekuensi 10 s/d 66 GHz. 802. 16a dan di rubah pada tahun 2004 menjadi 802. 16d menambahkan rentang frekuensi 2 s/d 11 GHz. 802. 16d bisa di sebut juga Fixed WiMAX, pada tahun 2005 diperbaharui lagi tuh menjadi 802. 16e yang dikenal dengan Mobile WiMAX.

 kalo udah ngomongin tentang WiMAX ga asyik kalo kita ga tau perbedaan antara WiMAX dan WiFi,, oke langsung aja kita bahas perbedaannya..cekidoooot.

 Perbedaan WiMAX dan WiFi, jadi yang membedakan di antara keduanya adalah standar teknis yang ada di dalamnya. kalo WiFi menggabungkan standard IEEE 802.11 dengan ETSI (European Telecommunications Standards Intitute) hiperLAN sangat cocok untuk kebutuhan WLAN, sedangkan WiMAX menggunakan standard IEEE 802.16 dengan standard ETSI HiperMAN.
Spesifikasi WiMAX membawa perbaikan atas kekurangan dan keterbasannya standar WiFi dengan memberikan lebar pita yang lebih besar dan enkripsi yang lebih bagus.
 Setau saya di indonesia kebanyakan menggunakan WiFi dari pada WiMAX apa harganya ya yg membatasi mereka untuk menggunakan WiMAX , pdahalkan WiMAX tuh lebih bagus,itu juga kalo menurut saya loh ga tau kalo menurut yang lain....maaf ya kalo udah sok tau, hehehehehe :))

 Cukup sekian pembahasan tentang WiMAX dari saya, kurang lebihnya saya minta maaf.
o...ia hampir lupa, saya dapat artikel/berita tentang WiMAX ini dari Wikipedia Ensiklopedia Bebas.
id.wikipedia.org/wiki/WiMAX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar